Kegiatan Orientasi Dan Sosialisasi Rumah Sakit Program Studi Profesi Dokter

  • 25 Maret 2024
  • 03:03 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pendidikan profesi dokter merupakan salah satu bagian dari pendidikan berkelanjutan dari program sarjana pendidikan dokter. Rumah sakit pendidikan merupakan rumah sakit yang ditetapkan untuk menjadi tempat pendidikan. Dalam menjalankan proses kepaniteraan klinik, Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (MPPD) akan menjalani 15 stase departemen dimana dari 15 stase departemen, 8 departemen akan dilaksanakan pada tahun I dan 7 departemen pada tahun II.

Pendidikan profesi dokter ini merupakan penerapan dari ilmu-ilmu yang telah didapatkan mahasiswa di preklinik yang kemudian nantinya dipraktekkan di Klinik. Adanya pendidikan berkelanjutan yang menempatkan mahasiswa di Rumah Sakit, Balai Kesehatan dan Puskesmas Makassar dengan segala macam perbedaan aturan dan suasana kerja yang berkenaan tentang rumah sakit pendidikan dimana sangat memerlukan adaptasi khusus bagi MPPD.

Kegiatan Orientasi dan Sosialisasi Rumah Sakit diadakan pada saat tahap awal memasuki kepaniteraan klinik di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Utama yaitu RSUD Haji Makassar. Kegiatan ini menggabungkan beberapa materi yang dibawakan oleh Tim yang telah ditunjuk oleh Rumah Sakit Haji yang nantinya akan memberikan penjelasan awal semua kondisi dan orientasi Rumah Sakit Haji serta hal-hal yang perlu diketahui selama menjalani proses kepaniteraan klinik selama 2 tahun nantinya.

Kegiatan Orientasi dan Sosialisasi Rumah Sakit pada Angkatan IX Tahun Ajaran 2023/2024 telah dilaksanakan oleh Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin selama 2 hari yakni pada hari Kamis – Jum’at, 21 - 22 Maret 2024 di Aula PSPD FKIK UIN Alauddin Makassar. Adapun narasumber  yang mengisi kegiatan ini diantaranya ialah Dr. dr. Amirah Trini Raihana, Sp.THT-KL (K); Hj. Harniati, S.Kep., Ns., M.Kep; drg. Uleng Batari, M.Kes; H. Abd Kadir, S.Kep. Ns., Fischa Rahmatullaily, Apt., M.Kes:, Riskawati Rahim, S.Kep.Ns. dan M. Rusli Awangsah, S.Kep.Ns, M.Kep.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni memberikan materi utama kepada MPPD mengenai sosialisasi Rumah Sakit baik bangsal, departemen dan instalasi yang ada didalamnya serta fungsi yang dijalankan pada unit-unit tersebut. Selain itu, diharapkan pada kegiatan Orientasi dan Sosialisasi Rumah Sakit ini dapat memberikan wawasan kepada MPPD mengenai pengetahuan khusus terkait rumah sakit mencakup Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) serta Pengendalian Obat.