Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Komprehensif Departemen Tingkat II Angkatan 3-5

  • 02 April 2024
  • 04:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Setelah proses kegiatan kepaniteraan klinik, Program Studi Profesi Dokter UIN Alauddin Makassar Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan mengadakan Ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Komprehensif Departemen Tingkat II yang diikuti oleh MPPD Angkatan 3-5. OSCE merupakan metode untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. OSCE telah lama diakui sebagai metode penilaian yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan klinis mahasiswa kedokteran. Dengan menggunakan 10 stasiun berbeda, ujian ini merangkum berbagai aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam praktik medis yang komprehensif.

Peserta OSCE Komprehensif Departemen Tingkat II Angkatan 3-5 sebanyak 13 orang dan akan melalui 12 stasion. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 1 April 2024 secara tatap muka di Kampus 1 UIN Alauddin Makassar.  Setiap stasiun mempunyai materi uji yang spesifik. Semua peserta diuji terhadap materi klinik yang sama. Lamanya waktu untuk masing-¬masing stasiun terbatas.

Sebagai bagian dari kurikulum yang komprehensif dan berorientasi pada hasil, kegiatan ini tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk lulus ujian, tetapi juga untuk menjadi praktisi yang berdaya saing tinggi dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Dengan tujuan ini, ujian OSCE Komprehensif Departemen Tingkat II telah terlaksana dengan baik dan lancar, diharapkan dapat terus menjadi bagian integral dari pendidikan kedokteran yang holistik dan berkelanjutan.