Kegiatan Kepaniteraan Umum Angkatan Ix Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 Program Studi Profesi Dokter

  • 22 Maret 2024
  • 03:07 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program studi Pendidikan Dokter FKIK UIN Alauddin telah memasuki proses pembelajaran untuk menghasilkan dokter muslim yang memenuhi standar kompetensi dokter Indonesia. Sesuai dengan tahapan pendidikan dokter, setelah menempuh tahap pendidikan sarjana kedokteran maka mahasiswa memasuki tahap program profesi dokter. Mahasiswa tahap profesi ini akan memasuki masa pendidikan profesi yakni penerapan ilmu yang telah dipelajari selama masa akademik untuk digunakan ketika bertemu langsung dengan pasien sebagai seorang peserta didik.

Sebelum memasuki tahapan profesi, mahasiswa diberikan pembekalan secara umum baik berupa persiapan, pengulangan, dan tata tertib selama tahapan profesi dokter. Proses pembekalan ini dinamakan sebagai Kepaniteraan Umum. Kegiatan ini dimaksudkan mengulang kembali materi dan keterampilan yang akan dipraktekkan pada tahapan profesi serta pedoman dan panduan dalam pelaksanaan kegiatan profesi. Kegiatan ini akan menjamin mahasiswa tahapan profesi dokter siap masuk dalam pendidikan profesi sehingga diharapkan menjadi lulusan yang akan mampu menjawab tantangan jaman.

Kegiatan Kepeniteraan Umum Angkatan IX Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 telah dilaksanakan oleh Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin selama 9 hari yakni pada hari Senin – Jum’at, 6 Maret – 20 Maret 2024 secara luring di Aula PSPD FKIK UIN Alauddin Makassar. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dosen Pendidik Klinik, diantaranya ialah dr. Henny Fauziah, M.Kes, Sp.PK (Kaprodi); dr. Miswani Mukani Syuaib, M.Kes, Sp.PA (Sekprodi); Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, Sp.GK(K); dr. Renato Vivaldi Kuhuwael, Sp.THT-KL; Dr. Rahmi Damis, M.Ag; dr. Kartika Handayani, Sp.An; Kompol dr. Syarif Hidayatullah, Sp.OT dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan memberikan persiapan kepada mahasiswa Angkatan IX sebanyak 27 orang terkait gambaran keseluruhan proses kegiatan kepaniteraan klinik yang akan dijalankan selama 2 tahun ke depannya dan menjamin pemenuhan kompetensi yang dibutuhkan sesuai SKDI 2012.

Kegiatan berlangsung interaktif dengan berbagai pertanyaan seputar pelaksanaan kepaniteraan klinik di setiap wahana Rumah Sakit Pendidikan Utama, RS jejaring, Balai Kesehatandan Puskesmas yang telah bekerjasama dengan UIN Alauddin Makassar. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat menjamin kesiapan mahasiswa program profesi Angkatan IX sebelum memasuki wahana Pendidikan di rumah sakit dalam menjalankan praktik klinik sebagai dokter.