PRESS RELEASE: KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN KEPANITERAAN KLINIK PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER FKIK UIN ALAUDDIN MAKASSAR TAHUN 2022

  • 16 November 2022
  • 10:57 WITA
  • Administrator
  • Berita

      Pendidikan profesi dokter merupakan pendidikan berkelanjutan yang sangat penting setelah pendidikan sarjana kedokteran dalam rangka pemenuhan pencapaian kompetensi dokter sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Proses pembelajaran profesi dokter berlangsung sebagian besar dilaksanakan pada wahana pendidikan seperti rumah sakit pendidikan utama, rumah sakit jejaring/afiliasi, balai kesehatan, dan puskesmas. Namun dengan merebaknya penyakit SARS-CoV2 (Covid-19) menjadikan pengelola program studi profesi dokter untuk memikirkan beberapa adaptasi pola pembelajaran yang bersifat luring sehingga dapat memaksimalkan pemenuhan kompetensi kognitif, skill keterampilan klinis, dan afektif mahasiswa.

      Saat ini proses pendidikan kepaniteraan klinik dilakukan secara luring. Kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kepaniteraan klinik tahun 2022 telah dilaksanakan oleh Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin secara daring pada hari Kamis tanggal 10 November 2022. Acara ini dibuka dengan resmi oleh Sekretaris Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin, dr. Ulfah Rimayanti, Ph.D, Sp.M. Narasumber dalam kegiatan ini ialah dr. Miswani Mukani Syuaib, M.Kes., Sp.PA, selaku Ketua Gugus Penjamin Mutu (GPM) Profesi Dokter FKIK UIN Alauddin Makassar, dan Dr. dr. Fatmawaty Madya, Sp.OG (K) selaku Ketua Komite Koordinasi Pendidikan (Komkordik) RSUD Haji Makassar.

       Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kepaniteraan klinik selama tahun 2022 yang dilakukan berupa praktek klinik langsung di wahana pendidikan yaitu Rumah Sakit, Balai Kesehatan, dan Puskesmas. Dengan melibatkan dosen pendidik klinis pada kegiatan ini diharapkan adanya sumbangsih pemikiran, kritik, saran, serta masukan berbasis solusi dalam penyelesaian berbagai kendala atau permasalahan dari dosen pendidik klinik, komkordik, kordik dan pengelola program studi bagi perbaikan pelaksanaan kepaniteraan klinik mahasiswa program profesi dokter FKIK UIN Alauddin selanjutnya sehingga dapat memaksimalkan tercapainya pemenuhan transfer ilmu pengetahuan yang ideal berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2012 bagi lulusan profesi dokter.

       Acara ini dihadiri oleh para dosen Prodi Profesi Dokter uin alauddin beserta para dosen pendidik klinik (DPK) dari beberapa RS Pendidikan Utama, RS jejaring, Balai Kesehatan dan Puskesmas yang telah bekerja sama dengan UIN Alauddin Makassar yang dipandu langsung oleh dr. Halimah Sa'diyah, Sp.PD. Kegiatan berlangsung interaktif dengan berbagai pertanyaan dan masukan seputar pelaksanaan kepaniteraan klinik selama tahun 2022. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi momentum dalam memonitoring pembelajaran dan evaluasi terhadap proses pembelajaran kepaniteraan klinik berdasarkan rekomendasi atas kendala/permasalahan yang didapatkan pada proses pembelajaran sebelumnya.

Dokumentasi: