PELATIHAN PENGUJI OSCE NASIONAL DAN PELATIH PASIEN STANDAR

  • 11 November 2022
  • 11:27 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pada tanggal 21 Oktober 2022, telah dilaksanakan pelatihan penguji dan pelatih pasien standar  osce UKMPPD yang mendatangkan 2 narasumber yaitu Dr. dr. Made Agus Hendrayana, M.Kes dan Universitas Udayana dan dr. Joko Anggoro, Sp.PD (K) – HOM., M.Sc dari Universitas Mataram. Semua narasumber merupakan perwakilan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI)

Acara pelatihan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran, Dr. dr. Syatirah, Sp.A., M.Kes. Sebelumnya didahului laporan dari dr. Azizah Nurdin, Sp.OG., M.Kes selaku ketua panitia sekaligus ketua program studi profesi dokter, yang menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah pelatihan kedua selama prodi profesi dokter UIN Alauddin Makassar berdiri. Hal ini  dilakukan untuk mencukupi jumlah penguji OSCE Nasional dan pelatih pasien standar yang bersertifikat AIPKI.

Pelatihan penguji dihadiri oleh 16 peserta dan pelatihan pasien standar 15 peserta. Mereka adalah dosen institusi pendidikan dan profesi dokter UIN Alauddin Makassar serta Dosen Pendidik Klinik (DPK) dari Rumah Sakit Haji Makassar sebagai rumah sakit pendidikan utama dan rumah sakit jejaring lainnya.

Acara ini juga langsung memberikan simulasi ujian OSCE Nasional yang menghadirkan mahasiswa sebagai peserta ujian dan pasien standar yang dibuat seolah olah seperti Ujian Nasional.

Hal ini dianggap perlu untku meningkatkan kualitas SDM Dokter Pendidik Klinik (DPK) dan dosen institusi dalam membimbing mahasiswa.