Pelatihan Dosen Pendidik Klinik

  • 14 Juni 2022
  • 02:01 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dokter pendidik klinik sebagai salah satu yang berperan penting dalam proses pendidikan kepaniteraan klinik memerlukan pelatihan untuk mengoptimalkan proses pendidikan dan pembimbingan kepaniteraan klinik. Oleh karena itu, diadakan pelatihan bagi DPK, baik teori maupun praktek proses pembimbingan kepaniteraan klinik.


Pelatihan Dosen Pendidik Klinik merupakan suatu pelatihan yang memberikan gambaran metode pembimbingan kepaniteraan klinik, baik kognitif maupun keterampilan yang diterapkan selama proses kepaniteraan klinik. Pelatihan yang diberikan mencakup teori maupun praktek metode dan cara pembimbingan MPPD selama proses kepaniteraan klinik. 


Pelatihan DPK ini diadakan selama 2 hari dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang DPK UIN Alauddin Makassar, dan diadakan secara online dan offline. Materi di hari pertama mencakup peranan DPK dalam pendidikan profesi kesehatan, strategi pembelajaran serta praktek Bed-side teaching, sedangkan di hari ke 2 berupa penilaian Workplace-based assessment (WB) diikuti praktek WBA. Pelatihan berupa materi online, diikuti oleh praktek langsung dibimbing oleh narasumber/instruktur. Pelatihan juga melibatkan pasien standar dan peran peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dan bimbingan kepaniteraan klinik.